Friday, March 2, 2018

Persona - Sistem Manajemen Identitas Digital Pada Blockchain


Setiap hari, jutaan individu berbagi data pribadi dengan berbagai pihak, mulai dari penggunaan penyedia awan atau smartphone dengan opsi lokalisasi yang aktif dan berlanjut ke hubungan yang dimiliki masing-masing dengan penyedia layanan masing-masing.

Setiap individu adalah pemilik data de facto mereka. Oleh karena itu, agar memiliki akses ke layanan atau perangkat, mereka perlu secara eksplisit setuju untuk membagikannya. Pihak yang dipercayakan dengan data semacam ini seharusnya mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindunginya. Pada tahun lalu ada banyak masalah ketika perusahaan besar mengumpulkan data tentang individu, gagal menangani mereka dengan benar. Seringkali, data ini berakhir di tangan hacker. Misalnya, pada tahun 2017, Equifax, agen pelaporan kredit konsumen besar di AS diretas, dan lebih dari 143 juta nomor jaminan sosial dikompromikan.

Di Uni Eropa, data yang diambil dengan sangat serius dan ada peraturan yang berlaku yang memberlakukan data data melalui data pribadi. Ruang ini adalah untuk menjaga agar agar tetap berada di kursi pengemudi, untuk menawarkan sarana agar individu dapat memutuskan apa yang dia tasikan dengan siapa dan apa alasan akses ke detail pribadi tersebut.

Memperkenalkan Persona

Persona merupakan solusi untuk pengelolaan identitas, selaras dengan peraturan perlindungan data terbaru. Ruang lingkupnya adalah untuk memberdayakan individu dan memberi mereka kontrol atas data pribadi mereka dan juga sarana untuk mendapatkan akses ke rincian pribadi mereka.

Tujuan utama Persona adalah :

  1. Untuk memanfaatkan layanan pengelolaan identitas bagi individu berdasarkan pada teknologi blockchain yang dapat ditawarkan
  2. Untuk melindungi individu informasi pribadi. Meskipun jelas bahwa individu perlu memberikan rincian mereka ke berbagai entitas (Facebook, Google atau situs web yang mereka kunjungi), mereka tidak memiliki kendali atas hal itu setelah berbagi. Persona menempatkan individu kembali di kursi pengemudi
  3. Memberdayakan setiap orang dan memberi mereka kekuatan atas apa yang dibaginya dan dengan siapa ketika menyangkut identitas dan detail pribadi mereka
  4. Mengijinkan pihak ketiga yang dipercayakan dengan rincian pribadi untuk memperkaya layanan mereka dengan menawarkan kepercayaan sebagai layanan
  5. Untuk mencegah berita palsu, dengan menyediakan sistem manajemen identitas yang terdesentralisasi, Persona akan memberikan tingkat kepercayaan yang kita semua butuhkan saat mengandalkan berita. Berdasarkan profil Persona publik dari pembuat konten apa pun, kami dapat melacak berita ke sumbernya.
  6. Untuk memperlancar proses onboarding karena seseorang mungkin telah diperiksa oleh beberapa entitas yang terdaftar dalam sistem.

Fitur yang dimiliki Persona

Manajemen Identitas Tunggal bebas stres

Persona memanfaatkan kekuatan teknologi blockchain untuk manajemen identitas tanpa kerumitan. Ini seperti satu info masuk untuk semua situs web yang sudah Anda gunakan. Dan sumber aplikasi web masa depan yang tidak Anda gunakan sekarang juga.

Komunitas ada di sini untuk mendukung Anda

Identitas digital Anda didasarkan pada verifikasi silang yang dilakukan oleh beberapa entitas. Telusuri notaris Persona di dekat Anda dan dapatkan identitas Anda hingga 90%. Sisanya 10% didasarkan pada proses KYC yang dilakukan dengan mitra perusahaan (penyedia layanan yang sudah Anda ikuti).

Informasi pribadi Anda adalah milik Anda, dan milik Anda saja

Anda adalah pemilik de facto dari data Anda. Oleh karena itu, agar memiliki akses ke layanan atau perangkat, Anda harus secara eksplisit setuju untuk membagikannya. Pihak yang dipercayakan dengan data semacam ini seharusnya mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindunginya dan melindungimu.

Anda berada di tengah. Mari kita bangun dari sana.

Persona adalah tentang Anda dan interaksi Anda dengan dunia luar. Anda dapat membuat halo Anda sendiri berdasarkan data Anda: catatan medis, kemajuan kebugaran atau akun media sosial. Anda dapat memberi akses atau mencabut akses ke data Anda sesukamu karena itu milik Anda.

Solusi dari Persona

Persona dirancang sebagai aplikasi terdesentralisasi tanpa titik tunggal kegagalan, menyimpan semua catatan yang dienkripsi. Individu memiliki kendali atas rincian rincian yang ingin mereka bagikan, dengan siapa mereka membagikannya dan untuk berapa lama. Dengan diluncurkannya Bitcoin pada akhir 2009, Satoshi Nakamoto menawarkan sekilas teknologi dasar yang memperkuat jaringan desentralisasi, blockchain.

Poin kuat utama yang ditawarkan oleh teknologi blockchain adalah :
  1. Ganti si perantara: Tidak perlu lagi sisi amanah, yang bisa dan dipercaya oleh kedua belah pihak terlibat dalam transaksi.
  2. Desentralisasi: tidak ada satu titik kegagalan, saat menyerang jaringan hampir tidak mungkin.
  3. Keteguhan: catatan yang ditulis di blockchain ada selamanya, tidak dapat diubah.
Persona memanfaatkan fitur blockchain, memungkinkan perusahaan menawarkan layanan KYC kepada pihak ketiga serta mendapatkan keuntungan dari layanan masing-masing. Proses verifikasi memiliki dua tingkat: Community and Professional KYC

Jenis KYC Persona

Tingkat pertama diwakili oleh masyarakat dimana identitasnya diperiksa oleh teman sebaya. Ini merupakan upaya bersama, di mana orang didorong untuk memvalidasi identitas masing-masing. Mereka harus memastikan keaslian dokumen dan identitas orang yang mendaftar untuk diperiksa.

Orang-orang yang menawarkan layanan verifikasi akan ditampilkan di situs web Persona. Mereka akan diberi ganjaran untuk layanan verifikasi dengan menerima PRS. Ambang untuk verifikasi diilustrasikan di bawah ini.
Pada gambar di atas, ada 6 tingkat yang dapat dicapai pengukur komunitas dan persentase verifikasi yang dapat mereka berikan kepada individu berdasarkan tingkat ini. Petunjuk dibagi menjadi beberapa kategori, berdasarkan jumlah verifikasi yang mereka berikan. Persentase maksimum seseorang bisa didapat dengan diverifikasi oleh masyarakat adalah 90%. Sisanya 10% hanya bisa diraih sekali mitra swasta (institusi, penyedia utilitas atau perusahaan) mengakui keabsahan datanya.

Keamanan dan Pengamanan Data

Mengingat fakta bahwa ada dua komponen produk, berlapis satu sama lain, Persona aman digunakan. Saat mendaftar dengan penyedia, kehadiran fisik individu merupakan prasyarat untuk membagikan datanya kepada perusahaan.

Persona terdiri dari tiga segmen :
  1. Blockchain yang menyimpan data transaksi dan IPFS untuk penyimpanan
  2. Aplikasi web dan dasbor untuk digunakan individu
  3. Aplikasi seluler yang membantu pengelolaan data
Keamanan aplikasi mobile didasarkan pada :
  1. Login berbasis PIN
  2. Pemindaian sidik jari opsional
Keamanan aplikasi Web :
  1.  2FA Authentication 
Begitu pengguna menciptakan identitasnya, data yang tersimpan diamankan dengan algoritma kriptografi blockchain. Ada banyak alasan mengapa blockchain lebih aman daripada aplikasi terpusat: kurangnya satu titik kegagalan, tidak rentan terhadap kesalahan manusia atau pencurian data, dll.

Dengan menyimpan data pengguna pada blockchain dan tidak dalam aplikasi / server terpusat, Persona menawarkan solusi CaaS (Customer-as-a-Service) pertama di pasaran.

Dengan memindahkan kepemilikan data ke pelanggan, jauh dari perusahaan, perusahaan dapat mengamankan diri dari pemerasan, pencurian dan bug yang dapat melukai keduanya dari sudut pandang gambar dan juga didenda oleh pihak berwenang.

Team

Members Ștefan Neagu - Co-Founder
Ioana Frîncu - Co-Founder
Dan Cearnău - Co-Founder
Iulian Oprea - Technical Lead
Alexandru Marin - Mobile Developer
Raluca Mitarca - Visual Designer
Lucian Roșu - Blockchain Developer
Tudor Stomff - Community Manager
Victor Micu - Community Manager
Advisors Cristian Lina
Mike Doty
Cosmin Bucur
Johan Gabriels
Sorin Simplaceanu

Quick Links


Created By : _IRMAN 
Bitcointalk Profile Link : https://bitcointalk.org/index.php?action=profile;u=1050286
ETH Address : 0xd527D7c7495C71176168de5f89ca10Af5f7A68D1
Share This
Previous Post
Next Post

0 coment�rios: